Duduk Berjam-Jam Bisa Membunuhmu!

January 16, 2018

 

 

Kabar buruk bagi kalian yang setiap hari duduk berjam-jam di depan komputer, ternyata kebiasaan tersebut bisa menyebabkan kematian dini. Jadi, tidak hanya merokok yang membunuhmu tapi duduk berjam-jam pun membunuhmu.

 

Bahkan studi terbaru memaparkan bahwa orang yang duduk berjam-jam beresiko mengalami kematian dini meski orang tersebut rajin berolah raga. Selain itu, duduk berjam-jam juga pada prakteknya menyebabkan nyeri tulang belakang, sakit pinggang, sakit bahu dan sakit kepala.

 

Tentu fakta ini menghantui para pengusaha atau pekerja kantoran yang biasa menghabiskan waktu 8-9 jam duduk di depan komputer, belum lagi kalau lembur bisa sampai 10-12 jam sehari.

 

Tapi tidak usah khawatir wahai para pekerja kantoran, kabar baiknya adalah semua dampak negatif akibat duduk berjam-jam itu bisa dihindari dengan memilih furnitur kantor terutama kursi kantor yang tepat dan memenuhi standar keselamatan kerja.

Bagaimana kita tahu kursi kantor kita sudah tepat dan memenuhi standar keselamatan? Berikut penjelasannya.

 

 

Pastikan kursi kantor tidak terlalu tinggi atau rendah

Para pakar kesehatan dan keselamatan untuk lingkungan kerja dari Universitas North Carolina menyarankan agar menghindari kursi yang terlalu rendah atau pun terlalu tinggi. Kursi yang terlalu tinggi menyebabkan tekanan berlebih pada bagian bawah kaki yang menghambat sirkulasi darah. Sedangkan kursi yang terlalu rendah menyebabkan kecilnya porsi kaki yang bersentuhan dengan kursi sehingga tekanan pada area tersebut menjadi lebih besar.

 

Jika Anda menggunakan kursi kantor ergonomis yang memungkinkan Anda untuk mengatur tinggi dan rendahnya kursi, aturlah tinggi kursi sampai bagian paha Anda lurus sejajar dengan lantai. Cobalah berdiri di depan kursi dan pastikan tinggi dudukan kursi sejajar dengan ujung bawah tempurung lutut kaki Anda.

 

Jika sudah berhasil mengatur tinggi kursi sesuai dengan kriteria di atas, Anda masih bisa menaikan atau menurunkan tinggi kursi tersebut sekitar 1-3 inci sampai Anda mendapatkan posisi yang nyaman.

 

Pastikan dudukan kursi tidak terlalu lebar atau sempit

 

Lebar dudukan kursi yang ideal bisa didapatkan apabila ada celah ruang sebesar kepalan tangan atau tiga ruas jari antara bagian belakang betis dan bagian depan dudukan kursi saat Anda duduk bersandar.

 

Dudukan kursi yang terlalu lebar akan membuat Anda kesulitan menyandarkan punggung, akibatnya bisa pegal-pegal. Dudukan  kursi yang terlalu sempit membuat Anda tidak bisa duduk dengan nyaman mengingat kecilnya porsi kaki bagian atas yang bersentuhan dengan kursi, akibatnya seluruh tekanan ketika duduk tertumpu pada area tersebut.

 

Mengingat begitu pentingnya dudukan kursi yang ideal, sangat disarankan untuk memilih kursi ergonomis yang memiliki dudukan yang bisa digeser ke depan dan ke belakang. Selain itu untuk mengurangi tekanan pada bagian belakang paha, sebaiknya pilih dudukan kursi dengan tepi sudut yang membundar.

 

Pastikan sandaran punggung pas dengan lekuk tulang punggung Anda

 

Untuk mendapatkan sandaran punggung yang sesuai, pastikan sandaran punggung bagian bawah (lumbar support)-nya sesuai dengan lekuk punggung bagian bawah Anda.

 

 

Duduk dengan lumbar support yang pas bisa menghilangkan tekanan pada beberapa bagian tulang punggung yang seringkali menjadi penyebab nyeri tulang belakang.

 

Kursi ergonomis biasanya memiliki sandaran punggung yang ketinggianya bisa diatur sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, pastikan ketika duduk dan bersandar, punggung Anda tertopang sempurna. Lebih baik pilih sandaran punggung yang dinamis yang mengikuti kemanapun punggung Anda bergerak, entah itu duduk tegak maupun menyandar kebelakang.

 

 Pilih kursi dengan lima roda kaki

Untuk menghindari kemungkinan tergelincir dari kursi, sebaiknya Anda pilih kursi yang memiliki lima roda kaki.

 

Kursi kantor dengan lima roda kaki dinilai lebih stabil dibanding kursi dengan empat roda. Dengan kursi yang memiliki lima roda, Anda bisa bebas bergerak tanpa takut terpeleset.

 

Pertimbangkan kursi kantor yang memiliki sandaran kepala

Salah satu manfaat sandaran kepala ialah mengurangi ketegangan pada leher dan bahu ketika Anda bersandar kebelakang.

 

Dengan menggunakan kursi dengan sandaran kepala, Anda akan terhindar dari nyeri pada area tersebut.

 

Jangan lupa bergerak!

Selain memilih kursi kantor yang tepat, para pakar juga menyarankan agar setiap tiga puluh menit sekali Anda berdiri dan berjalan-jalan singkat agar terhindar dari dampak buruk akibat duduk terlalu lama.

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter